facebook icon gplus icon instagram icon

Keliling Dunia di Miniland

Pernah kebayang gak kalo seandainya masing-masing landmark di seluruh dunia terbuat dari susunan bricks aka bata-bata plastik?

Pernah kebayang juga gak kalo kita bisa lihat ikon-ikon bangunan terkenal aka landmark tanpa keliling dunia? Bahkan, hanya dalam beberapa jam kamu udah bisa melihat, mengamati dan berfoto-foto di depannya?

Hmmm…. Tentunya menarik dong ya.

Pada artikel kali ini Cerita Kaki Gatal (CKG) akan membawa kamu untuk mengenali landmark yang ada di Legoland, Malaysia.

Ada landmark-landmark dari 12 negara di Legoland ini, dan yang bikin unik adalah semua landmark terbuat dari lego bricks. Kebayang gak gimana nyusunnya satu per satu? Kayanya kalo saya yang nyusun, bisa satu bangunan satu tahun. Hahaha….

Sebelum kita membahas Miniland lebih lanjut, gimana kalo kita ‘muter-muter’ ke Legolandnya dulu? Hihihi.

Pertama kali kita masuk, kita bakal disambut dengan tulisan gede LEGOLAND MALAYSIA. Dari baca itu aja, saya udah semangat banget. Udah ngayal nanti mau naik wahana dari bata-bata plastik, trus mau pepotoan bareng Darth Vader. Duhh, seru kan ya bokk….

Welcome to Legoland, Malaysia!

Welcome to Legoland, Malaysia!

Tiket dan Map Udah di Tangan. Yuk, Eksplor!

Tiket dan Map Udah di Tangan. Yuk, Eksplor!

Hal berikutnya yang mencuri perhatian saya adalah The Big Shop. Ohh nooo, ada banyak jenis lego yang dijual di sana. Langsung pegang dompet erat-erat… Aaaakk….

Sebenernya sih di dalem Legoland ada beberapa toko yang menjual lego sih, tapi entah kenapa si The Big Shop ini yang paling mencuri pandangan, mungkin karena luas toko dan nama toko sama kali ya, sama-sama big. Hehehe…

Big Shop yang Emang Guede!

Big Shop yang Emang Guede!

Kalo soal wahana di Legoland ini,memang lebih banyak untuk anak-anak. Untuk saya dan orang dewasa lainnya mungkin gak begitu tertantang ya, karena yaa permainanya emang banyakan buat anak kecil. Tapi, bukan berarti orang dewasa gak bisa main di sini lho. Masih bisa kok, buktinya saya hehe. Masih sempet main roller coasternya.

Buat sobat CKG yang sudah berkeluarga disarankan untuk membawa anak-anaknya ke sini, dijamin pada suka deh. Saya aja kalo masih kecil juga pasti tertarik banget, apalagi dengan permainan dimana kita bisa menyetir mobil sendiri. Hahaha… Tau sendiri kan, anak kecil pasti suka kalau disuruh nyetir mobil sendirian, buat mereka itu keren banget! Hehehe…

Selain wahana, Legoland juga menyediakan tempat bermain lego. Di sana kamu bisa merakit dan membuat lego sesuai khayalanmu sendiri. Bahkan, kamu bisa beradu dengan orang lain loh. Seru kan?!

Oh iya, buat kamu penyuka Star Wars, seperti saya hehe… Harus dateng ke Legoland. Di section Star Wars, para pengunjung dimanjakan dengan beberapa scene dari serial Star Wars yang dibuat ulang dengan lego bricks. Pada section inilah, saya menghabiskan waktu untuk berfoto-foto dengan Darth Vader, C3PO dan berbagai scene dari Star Wars. Ahh keren!

Gaya Dulu lah Bareng Darth Vader

Gaya Dulu lah Bareng Darth Vader

Jangan Lupa Juga Bergaya Bersama C3PO dan R2D2 ;)

Jangan Lupa Juga Bergaya Bersama C3PO dan R2D2 😉

Kelar ‘muterin’ Legoland, saatnya eksplor Miniland, karena di area inilah kita bisa ‘jalan-jalan’ ke landmark berbagai negara, tanpa ninggalin negara Malaysia itu sendiri. Yukk mariiii, simak ya. Nyesel loh kalo gak simak hihihi….

Landmark pertama yang saya datangin ialah Pura Tanah Lot, Indonesia. Tentu dong Indonesia dulu, baru yang lain hihi. Pura Tanah Lot dalam bentuk lego bricks ini mirip lho dengan aslinya. Sempet bengong sebentar untuk merhatiin lebih detailnya lagi.

Pura Tanah Lot, Bali

Pura Tanah Lot, Bali

Pura Tanah Lot untuk lebih dekatnya lagi

Pura Tanah Lot untuk lebih dekatnya lagi

Dari Bali, kita langsung menuju ke Brunei. Sebuah masjid besar dalam bentuk lego bricks ini membuat saya gak berhenti untuk foto-foto. Royal Mosque yang terletak di Bandar Seri Begawan ini memiliki kubah terbesar yang terbuat dari emas. Wow, cantik banget!

Royal Mosque Brunei

Royal Mosque Brunei

Ada pula Angkor Wat dari Cambodia, temple terkenal ini dibuat oleh Raja Suryavarnam II pada abad ke-12. Katanya sih, temple ini termasuk temple terbesar hihi…

Angkor Wat, yang banyak dilirik oleh para turis

Angkor Wat, yang banyak dilirik oleh para turis

Melihat Angkor Wat dari depan

Melihat Angkor Wat dari depan

Siapa sih yang gak tahu dengan Tembok Besar China? Yep, betul sekali. The Great Wall aka Tembok Besar China ini dibangun pada abad ke-5, kemudian diselesaikan kembali pada abad ke-16. Denger-denger sih, tembok tersebut panjangnya 8,852 kilometer. Daya tarik China, gak berhenti sampai The Greet Wall. Ada juga The Forbidden City, istana kerajaan pada masa kekuasaan Dinasti Ming.

Istana Kerajaan Dinasti Ming

Istana Kerajaan Dinasti Ming

Kita udah di Malaysia dan gak sempet ke Johor Bahru? Jangan syedihh, shaaayy. Masih bisa kok mantengin kota yang ramai, yang selalu dituju oleh turis ini, lewat tumpukan bata-bata plastik. Makin kepengen ke kotanya beneran gak, gaes? Hihihi.

Johor Bahru, Ibu Kota Negara Bagian Johor

Johor Bahru, Ibu Kota Negara Bagian Johor

Siapa sih yang gak tahu Kuala Lumpur? Kota yang disebut sebagai kota terpadat di Malaysia ini kerap dikunjungi turis-turis, termasuk kita orang Indonesia. Kuala Lumpur mempunyai julukan nama sendiri, yaitu The Klang Valley.

Kuala Lumpur International Airport, yang gedeee banget itu, loh! ;)

Kuala Lumpur International Airport, yang gedeee banget itu, loh! 😉

Patuxai merupakan monument kemenangan yang berlokasi di Vientiane, Laos. Dan, tahu gak sih? Ternyata, monument ini tuh sebenernya mau dibikin bandara! Oh wow…. Penasaran kan ya, kayak apa sih aslinya monument ini? Yuk lah, ke sana kalo penasaran. Hehehe…

Patuxai, Kembaran dari Arc de Triomphe

Patuxai, Kembaran dari Arc de Triomphe

Negara Myanmar ini terkenal dengan Karaweik Hall, tongkang raksasa yang suka ‘ngetem’ di Danau Kandawgyi, Yangon, Myanmar. Tapi, jangan dibayangin yah kalo ini tuh tongkang beneran, Karaweik Hall merupakan sebuah tempat yang besar, di dalemnya ada restaurant. Wahh, asik juga yah.

Karaweik Hall, yang tampak dari belakang

Karaweik Hall, yang tampak dari belakang

Untuk negara Filipina, bukan Manila yang dibikin lego bricksnya, tapi Bolinao, sebuah kota yang terkenal dengan perikanannya. Kalo entar someday kamu bisa ke Bolinao, jangan lupa lihat perahu warna- warninya, ya!

Bolinao, Philippines

Bolinao, Philippines

Singapura itu buat saya udah seperti rumah kedua sendiri. Bahkan, mau ke Legoland pun saya berangkat dari Singapura. Berangkat pagi dan pulang sore, karena saking dekatnya. Landmark Singapura yang dibikin oleh legoland ini adalah merlion dan Singapore Flyers. Si Flyers ini kalo dilihat pada malam hari bagus banget loh, serasa pengen cobain naik. Hihihi

Singapore Flyers, serasa pengen naik, kan ya?

Singapore Flyers, serasa pengen naik, kan ya?

Trus, kalo ke Singapore boleh juga, loh cobain ke Riverside Point. Kamu bisa menjajal berbagai restaurant yang ada di situ, sambil menikmati pemandangan pinggir sungai ini. Hmmm…. Nikmatnya!

Riverside Point, Pemandangan pinggir sungai yang cantik

Riverside Point, Pemandangan pinggir sungai yang cantik

Ini nih salah satu landmark yang saya suka banget, Taj Mahal, India! Dari dulu kepengen banget bisa mengunjungi negara ini. Selalu bermimpi bisa berfoto-foto di depan Taj Mahal. Ahh, indah banget ya mimpi itu. Tapi, jangan syedihh shay… Walau masih belum bisa ke India dan mengunjungi landmark aslinya, saya masih bisa berfoto-foto di depan Taj Mahal, lego bricks ini. Hehehe…

Taj Mahal ini dibangun oleh Mughal Emperor Shah Jahan untuk mengenang istrinya. Katanya, butuh waktu 20 tahun untuk bikin bangunan ini. Wuih, dahsyat ya!

Taj Mahal di sini gak kalah cantiknya dengan yang asli ;)

Taj Mahal di sini gak kalah cantiknya dengan yang asli 😉

Wat Arun, sebuah kuil peninggalan Agama Budha yang terletak di sungai Chao Phraya di Bangkok. Arti nama dari Wat Arun ini adalah Temple of Dawn, yang artinya kuil fajar. Kuil ini berbentuk kapal yang berbahan dari potogan porselen dan kulit kerang.

Wat Arun dalam bentuk Lego Bricks

Wat Arun dalam bentuk Lego Bricks

Hoi An, merupakan sebuah kota di Vietnam dan telah tercatat sebagai peninggalan bangunan bersejarah dari UNESCO. Pada abad ke-16 dan 17, kota tersebut dikenal sebagai tempat barter untuk pedagang China, Jepang, Belanda dan India. Namun, pada jaman sekarang, Hoi An menjadi tempat yang sering dikunjungi turis, karena banyaknya bagunan bersejarah, toko-toko dan restaurants.

Hoi An dari kejauhan. Hehe

Hoi An dari kejauhan. Hehe

Nah, sekarang sudah tahu kan Miniland yang ada di Legoland ini? Kali aja, dengan baca dan melihat Miniland ini, kita menjadi lebih tertarik untuk mengunjungi tempat aslinya. Hihihi.

Setelah puas, mengeksplor Miniland dan saat itu jam menunjukkan puluk 4 sore, itu tandanya supir rental sudah stand by di parkiran untuk membawa kita kembali ke Singapura.

Ahhh, dalam sehari itu saya rasanya seperti balik menjadi anak kecil yang kalo liat lego bisa teriak kegirangan! 😀

What do you think?

Name required

Website